Budaya Organisasi dan Karakteristik organisasi yang baik

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Budaya Organisasi dapat terbentuk dan betapa pentingnya Budaya yang sehat dilingkungan Organisasi. Didalam lingkungan organisasi sangat diperlukan adanya komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan untuk meningkatkan kinerja dan kreativitas suatu organisasi.


Bagaimana sebuah budaya terbentuk dan dapat bertahan hidup?

Pembentukan budaya organisasi terjadi ketika anggota organisasi belajar menghadapi masalah, baik masalah-masalah yang menyangkut perubahan eksternal maupun masalah internal yang menyangkut keutuhan organisasi. Budaya organisasi adalah satu wujud anggapan yang dimiliki, diterima secara implisit oleh kelompok dan bagaimana kelompok tersebut rasakan, pikirkan dan bereaksi terhadap lingkungannya yang beraneka ragam (EH Schein,1996:236). Pada tingkat yang lebih jelas, budaya diwakili benda-benda khusus, yang terdiri dari perwujudan fisik dari budaya organisasi. Proses pembangunan budaya organisasi perlu didukung secara internal dan eksternal apalagi masih berkaitan dengan etos kerja

Budaya organisasi atau perusahaan bersifat sangat persuasif dan mempengaruhi hampir keseluruhan aspek kehidupan organisasi, hal tersebut yang mendasari kenapa budaya organisasi dapat bertahan hidup. Demikian juga budaya organisasi mampu menumpulkan atau membelokkan dampak perubahan organisasi yang sudah direncanakan secara matang. Memahami pengertian budaya organisasi sangatlah penting bagi pemilik bisnis atau pun karyawan yang baru saja yang diterima di perusahaan. Membentuk budaya yang baik di lingkungan kerja akan memudahkan kita untuk mencapai tujuan bersama dan memudahkan kita dalam memecahkan suatu masalah didalam organisasi.

 

Bagaimana karakteristik budaya organisasi yang baik?

Berikut beberapa uraian tentang karakteristik budaya yang baik, antara lain :


1.      Menciptakan budaya beretika

Budaya dalam sebuah organisasi dapat mempengaruhi etika serta perilaku di antara para anggotanya. Budaya beretika dalam hal ini memberikan toleransi yang tinggi terhadap resiko, memberikan ruang bagi agresivitas,dan memberikan penekanan pda hasil maupun proses.


2.      Menciptakan  budaya inovatif

Budaya yang berinovatif memiliki ciri-ciri seperti : tantangan dan keterlibatan dalam kesuksesan perusahaan, kebebasan berpendapat, kepercayaan dan keterbukaan sesama karyawan, waktu , keceriaan / humor di tempat kerja, penyelesaian konflik, silang-pendapat antar karyawan, serta pengambilan resiko kepada karyawan.


3.      Menciptakan budaya berorientasi pelanggan

Budaya berorientasi pelanggan meliputi : karyawan yang ramah dan mudah bergaul, aturan dan prosedur yang kaku serta mengikat, pemberdayaan karyawan, peran dan sasaran yang jelas, dan karyawan yang termotivasi memuaskan pelanggan.


4.      Menciptakan budaya yang mendukung kebhinekaan

Yaitu mempekerjakan orang-orang dengan latar belakang yang heterogen baik ras, etnik, usia, jenis kelamin, maupun karakteristik lainnya.


Demikian Ulasan tentang bagaimana budaya organisasi terbentuk dan bagaimana karakteristik sebuah organisasi yang baik untuk perusahaan. Semoga ilmu yang saya bagikan dapat bermanfaat.

Terimakasih~

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Teori Manajemen Kontemporer

Tiga keahlian utama didalam manajemen menurut Robert L. Katz

4 Fungsi Dasar yang harus dimiliki Perusahaan