4 Fungsi Dasar yang harus dimiliki Perusahaan
Pada Artikel kali ini kita akan membahas apa saja fungsi fungsi yang sangat penting didalam memanajemen suatu perusahaan.
Fungsi dasar yang paling penting untuk dimiliki suatu perusahaan ada 4 macam, yaitu :
Perencanaan (Planning)
Dalam definisi tersebut mengatakan bahwa fungsi dasar pertama dari
Manajemen adalah Perencanaan dan Pembuatan keputusan. Pada dasarnya,
Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan
cara yang terbaik untuk mencapainya. Sedangkan Pembuatan Keputusan adalah
bagian dari Perencanaan yang berkaitan dalam memilih langkah-langkah atau tugas
yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran organisasinya. Dalam perencanaan
harus memiliki batas waktu hingga kapan tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan
dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.
Pengorganisasian (Organizing)
Setelah membuat perencanaan dan menetapkan langkah-langkah
ataupun tugas-tugas untuk mencapai sasaran organisasi, fungsi manajemen
selanjutnya adalah mengorganisir orang-orang yang tepat dan sumber daya lainnya
untuk menjalankan perencanaan yang ditetapkan. Pada dasarnya, yang dimaksud
dengan Pengorganisasian (Organizing) adalah
mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan
kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam organsasi yang
bersangkutan. Dalam fungsi Pengorganisasian terdapat pengelompokan kegiatan dan
penyusunan Struktur Organisasi serta menjelaskan fungsi-fungsi dari setiap bagian
dan sifat hubungan antara bagian-bagian tersebut dalam Struktur organisasi
tersebut.
Pemimpinan (Leading)
Setelah menetapkan Perencanan dan mengorganisir sumber daya yang
diperlukan, Fungsi ketiga Manajemen adalah Pemimpinan (Leading) atau ada yang menyebut
fungsi manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing). Pemimpinan (Leading) dalam
Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang
berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran organisasi.
Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakan dan memotivasi
serta mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah
direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi.
Pengendalian (Controling)
Fungsi Manajemen yang terakhir adalah Pengendalian atau Controlling, Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi. Dalam fungsi pengendalian ini, seorang manajer selalu mengawasi jalannya suatu tugas atau kegiatan yang terarah ke pencapaian Tujuan Organisasi yang telah ditetapkannya.
Berikut adalah keempat fungsi manajemen yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan. Sekian, semoga ilmu yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih~
Comments
Post a Comment