Pengertian Jabatan dan Tingkatan Jabatan disuatu Perusahaan

Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan posisi jabatan didalam sebuah perusahaan bisnis dan tingkatan jabatannya. Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :


Perbedaan Manajer dan Nonmanajerial

Manajer dapat diartikan sebuah jabatan yang memiliki tanggung jawab lebih atas sesuatu yang terjadi di sebuah perusahaan. Manajer berperan sebagai seseorang yang mengambil keputusan dalam , mengordinir, membuat rencana, dan melakukan evaluasi dari hasil kerja karyawan nonmanajerial. Manajer sangat menentukan bagaimana arah dari suatu organisasi/karyawan, dan menentukan tujuan, menentukan apa yang harus di jalankan oleh kayawan dari karyawan non manajerial itu sendiri.  Oleh karena itu manajer berbeda dengan karyawan nonmanajerial karena karyawan nonmanajerial  hanya melaksanakan pekerjaan atas dasar dari perintah manajer. Manajer yang membuat rencana.

Non manajerial adalah sebagai posisi dari sebuah perusahaan yang tidak masuk pada bagian ke manajerial. Staff dan karyawan masuk ke dalam non manajer. karyawan nonmanajerial adalah seseorang yang melaksanakan atau merealisasikan rencana dari manajer itu sendiri.Karyawan nonmanajerial merupakan pelaksana dari manajer, dan memerlukan arahan dari manajer. Oleh karena itu manajer memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari karyawan nonmanajerial.

 

Klasifikasi jabatan manajer dalam sebuah organisasi

Manajer diklasifikasikan ke dalam 3 kelas, yaitu First-line manager, Middle manager, dan Top Manager


1.      First-line manager, disebut juga dengan manajer lini pertama  dan berada di tingkatan manajer paling bawah. Manajer lini pertama ini bertugas untuk mengelola pekerjaan non-managerial employee. Kalau berdasarkan pendekatan kecakapannya, manajer kelas ini memiliki pendekatan kecakapan teknis, dimana manajer tipe ini memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu. Kalau kita bandingkan, di IPB sendiri contoh manajer lini pertama adalah masing-masing Kepala Departemen yang mengatur staff-staff dan pengajar.

2.      Middle manager, Manajer tipe ini berada di tingkat menengah. Tugasnya adalah mengelola pekerjaan manajer lini pertama. Berdasarkan pendekatan kecakapannya, manajer tipe ini memiliki pendekatan kecakapan humanis, yaitu memiliki kemampuan bekerja-sama dengan orang lain. Contoh manajer tipe ini di IPB adalah Dekan Fakultas.

3.      Top Manager, Manajer tipe ini berada di tingkat atas dan bertanggung jawab membuat keputusan organisasi secara luas dan menetapkan rencana dan tujuan yang mempengaruhi seluruh organisasi. Berdasarkan pendekatan kecakapannya, manajer ini memiliki pendekatan kecakapan konsepsi, yaitu memiliki kemampuan berpikir dan membuat konsep. Contoh manajer tipe ini di IPB adalah Rektor IPB.

Demikian penjelasan tentang perbedaan jabatan dan tingkatan jabatan seorang manajer didalam suatu perusahaan. Semoga ilmu yang saya berikan bermanfaat untuk kalian semua.
Terimakasih~


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Teori Manajemen Kontemporer

Tiga keahlian utama didalam manajemen menurut Robert L. Katz

4 Fungsi Dasar yang harus dimiliki Perusahaan